ISO 9001 adalah standar manajemen mutu yang paling dikenal dan paling kredibel. Tujuan utama Sertifikasi ISO 9001 untuk memberikan kepercayaan pada kemampuan organisasi untuk secara konsisten menyediakan pelanggan dengan produk dan layanan yang sesuai dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan sangat berhati-hati dalam hal produk dan layanannya. Jutaan perusahaan di seluruh dunia ingin menerapkan Sertifikasi ISO 9001, Tulisan ini membahas 10 manfaat Sertifikasi ISO 9001.

1. Meningkatan peluang untuk memenangkan kontrak

Memiliki Sertifikasi ISO 9001 dapat sangat membantu perusahaan untuk mengamankan kemitraan dengan sektor publik dan swasta. Dengan tender sektor publik, Sertifikasi ISO 9001 merupakan sinyal kuat bahwa perusahaan dijalankan dengan baik dan kredibel, menghilangkan kebutuhan akan uji tuntas yang ekstensif. Demikian pula, banyak organisasi sektor swasta telah mewajibkan pemasok mereka untuk disertifikasi ISO 9001. Artinya bahwa kualitas diperhatikan dengan serius dan dapat diandalkan dalam semua aspek perusahaan.

2. Kepuasan pelanggan yang lebih tinggi

Salah satu aspek terpenting dari standar ISO 9001 adalah menelusuri kepuasan pelanggan dan menanggapi setiap masalah yang diangkat. Perusahaan yang mencari dan mempertahankan Ssertifikasi ISO 9001 membuktikan bahwa mereka menganggap serius masalah ini.

3. Mengurangi masalah produk atau layanan

Perusahaan yang telah berhasil mencapai Sertifikasi ISO 9001 lebih siap untuk menghadapi hal yang tidak terduga. Misalnya, jika suatu produk tidak sesuai standar, akan ada proses yang membantu memastikan bahwa masalah ditangani secara efisien dan tidak terulang kembali.

4. Manajemen yang lebih baik

Analisis dan pelaporan yang tepat merupakan faktor kunci dalam menjalankan perusahaan dengan baik. Sertifikasi ISO 9001 membantu perusahaan untuk mendapatkan hal ini.

5. Peningkatan konsistensi dalam praktik perusahaan

Menerapkan praktik yang disyaratkan oleh standar akan menawarkan jenis konsistensi yang menguntungkan semua orang, termasuk pelanggan. ISO 9001 memastikan bahwa proses dalam perusahaan bersifat umum dan dipahami yang membantu karyawan menjadi lebih jelas dalam menjalankan pekerjaan, daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan apa yang harus dilakukan.

6. Peningkatan kepuasan karyawan dan keamanan kerja

Karyawan menikmati kepuasan kerja yang lebih besar dan merasa lebih aman tentang pekerjaan mereka dalam perusahaan di mana proses didefinisikan dengan baik dan dikelola dengan jelas.

7. Biaya lebih rendah

Mencapai dan mempertahankan Sertifikasi ISO 9001 dapat menyebabkan premi asuransi yang lebih rendah. Ini karena perusahaan asuransi mengakui bahwa perusahaan ini memiliki proses dan kontrol yang tepat yang mengurangi risiko.

8. Proses perusahaan yang disederhanakan

Disiplin yang melekat dalam standar ISO 9001 memastikan bahwa proses perusahaan harus dirampingkan dan tidak ada dokumen yang tidak perlu. Tinjauan manajemen secara rutin menunjukan bahwa proses tidak boleh menjadi lembek.

9. Peningkatan berkelanjutan

Sistem manajemen mutu yang baik memberikan dasar yang kuat untuk perbaikan yang akan dilakukan dari tahun ke tahun.

10. Peningkatan perusahaan secara keseluruhan

Kumpulan dari sembilan manfaat yang diuraikan di atas adalah peningkatan perusahaan secara keseluruhan yang membawa pada sebuah keuntungan.