Sertifikasi ISO 45001 merinci persyaratan untuk sistem manajemen K3 dan tujuan dari Sertifikasi ISO 45001 ini adalah untuk membantu organisasi memenuhi standar K3 internal serta persyaratan pelanggan, mitra dagang, dan stakeholder.

Sertifikasi ISO 45001 dapat dianggap sebagai standar pengelolaan K3 karena secara efektif mencakup bagaimana suatu bisnis diatur dan dijalankan.

Sertifikasi ISO 45001 mensyaratkan struktur organisasi didefinisikan dengan jelas dengan peran dan tanggung jawab dari manajemen yang juga didefinisikan secara jelas dengan keterlibatan dan komitmen dari manajemen puncak.

Persyaratan lain dari Sertifikasi ISO 45001 adalah bahwa informasi yang terdokumentasi dikendalikan dan dikelola secara efektif sehingga sumber daya utama lainnya seperti staf dan peralatan juga dikelola secara efektif.

Sistem yang efektif untuk pemantauan yang berkelanjutan, memeriksa, menangani masalah dan membuat perbaikan juga harus ada. Dan bahwa ada sistem yang jelas untuk pengelolaan proses operasional terkait lainnya.

Sejak diterbitkan versi terbaru, ada sedikit penekanan pada prosedur terdokumentasi(tidak ada lagi keharusan untuk memiliki manual K3) dan menekankan fokus pada pendekatan berbasis risiko, oleh karena itu dengan menerapkan sistem ISO 45001 efektif untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko.

Persyaratan Sertifikasi ISO 45001

Ada berbagai klausa dalam Sertifikasi ISO 45001 ini di mana ada persyaratan untuk memiliki dan menyimpan informasi yang terdokumentasi sehingga perusahaan yang berjalan dan terorganisir dengan baik masih perlu meninjau persyaratan dan memastikan telah mendokumentasikan bukti untuk berbagai hal seperti tinjauan manajemen, audit internal dan kebijakan K3.

Manfaat Sertifikasi ISO 45001

  • Mencapai nilai yang lebih baik dalam pra-kualifikasi;
  • Meningkatkan proses internal dan kontrol K3;
  • Meningkatkan hubungan dengan pemasok / pihak berkepentingan lainnya.
  • Memeriksa apakah pelatihan / kompetensi / lisensi staf dikelola dengan benar.
  • Memeriksa apakah peralatan dan fasilitas dikelola dengan benar;
  • Sistem yang efektif untuk menangani masalah;
  • Pemeriksaan dan ulasan kegiatan operasional yang sedang berlangsung;
  • Sistem untuk perbaikan dan peningkatan berkelanjutan dari sistem manajemen K3;
  • Logo ISO 45001 untuk digunakan dalam pemasaran;
  • Sistem yang disempurnakan untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan;

Integrasi ISO 45001

ISO 45001 mengikuti Annex SL, Struktur Tingkat Tinggi yang digunakan oleh semua standar ISO baru dan yang direvisi, yang membuatnya jauh lebih sederhana untuk diintegrasikan ke dalam satu 'sistem manajemen', dan membantu mengurangi duplikasi proses dan biaya.

ISO Certificate Image Guarantee Image

Dokumen ISO 45001

Template dokumen ISO 45001 dari jasasertiiso yang mudah diedit dapat membantu perusahaan apa pun mencapai tujuan Sertifikasi ISO 45001.
Rangkaian template Dokumen ISO 45001 menggunakan teks dan bahasa standar untuk memberikan praktik pengoperasian yang jelas dan ringkas serta dapat diterapkan yang meningkatkan dan merampingkan operasi.

Proses Sertifikasi ISO 45001

jasasertiiso menawarkan proses Sertifikasi ISO yang sederhana, cerdas, untuk memberikan konfirmasi independen bahwa organisasi memenuhi persyaratan Sertifikasi ISO 45001 dan setelah audit selesai dengan hasil yang memuaskan, jasasertiiso menerbitkan sertifikat ISO 45001 dan memberi wewenang kepada organisasi untuk menampilkan Logo Terdaftar ISO 45001.

01

Proposal

Menandatangani proposal.

02

Legal

Mengirimkan data legalitas perusahaan.

03

Draft

Menyetujui ruang lingkup / scope Sertifikasi ISO.

04

Sertifikasi

Penerbitan Sertifikat ISO dari Badan Sertifikasi ISO.

Surveillance ISO 45001

Setalah meraih Sertifikasi ISO, perusahaan akan menerima Sertifikat ISO 45001 yang berlaku selama 3 tahun. Surveillance tahunan ISO 45001 dilakukan untuk memastikan sistem manejemen K3 tetap berjalan efektif serta menambah nilai bagi perusahaan.